6 Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Merawat Kucing

Bagi pecinta kucing, merawat kucing sendiri tentu adalah sesuatu yang kamu inginkan. Namun, jangan sembarangan dalam merawatnya, apalagi sampai tidak memperhatikan kebutuhannya. Salah satu cara untuk memiliki kucing adalah dengan mengadopsinya. Bingung cara merawat kucing karena kamu pemula? Jangan khawatir, kami bagikan tips merawat kucing bagi pemula.

  1. Kesehatan

Setelah diadopsi, dianjurkan untuk mengkarantinanya selama 2 minggu dan jangan digabungkan dengan hewan peliharaan lainnya. Tujuannya agar si kucing dapat beradaptasi dengan lingkungan. Kucing harus dibawa ke dokter hewan untuk memeriksa kesehatannya minimal 1 tahun sekali.

  1. Vaksin

Berikan vaksin secara teratur. Pikirkan manfaat vaksin bagi kucing, karena kalau hewan peliharaan sehat maka lingkungan pun akan sehat. Nah, untuk kucing selama dia masih bayi, maka dalam setahun ada 3x vaksin dan saat dewasa vaksinnya setahun sekali dan ada 2 jenis vaksin yang diberikan,

  1. Obat-Obatan

Pemberian obat anti parasite. Ini dilakukan saat pertama kali kita mengadopsi. Berikan obat kutu secara berkala dan teratur, lalu obat cacing diberikan sampai usia 6 bulan setiap bulan dan diteruskan selang 3 bulan sekali.

  1. Makanan

Makanan kucing ada yang basah dan kering, dan andai mau memberi makanan rumah boleh saja tetapi harus protein dan pastikan dimasak untuk menghindari toksoplasma. Kucing menyukai wadah makan yang datar, karena ia tak suka bila kumisnya tersentuh wadah makan dan air minum harus yang matang dan harus diganti setiap hari. Bersihkan wadah makannya menggunakan sabun pembersih,

  1. Litter Box

Berikan litter box sebagai wadah kotoran. Ajarkan kucing untuk mempunyai kebiasaan yang baik membuang kotoran pada tempatnya. Dan usahakan tata letak litter box jangan derdekatan dengan wadah makan.

  1. Sterilisasi

Tindakan sterilisasi bisa dilakukan sejak kucing berusia 6 bulan. Manfaatnya banyak bisa menghindari kucing dari penyakit dan menjaga kesehatan.